Belum punya Akun KarirKarir Daftar Disini
Post Date : 23 September 2022

Cara Menjawab “Ceritakan Tentang Diri Anda” dalam Wawancara (Beserta 5 Contoh jawaban!)


"Ceritakan tentang diri Anda" mungkin tampak seperti kemenangan mudah dari pertanyaan wawancara, lagipula Anda tahu semua tentang diri Anda! Dan hal yang baik juga, karena sering kali pewawancara meminta Anda untuk melakukannya, apakah Anda berbicara dengan calon bos Anda, atau duduk dengan CEO saat proses seleksi akhir.

Tetapi menanggapi pertanyaan untuk berbicara tentang diri Anda dalam konteks wawancara kerja bisa terasa menegangkan dan rumit. Anda mungkin berpikir: Um, apa yang ingin Anda ketahui? Haruskah saya memberi Anda sinopsis biopik dari drama tempat kerja saya lengkap.

Pewawancara Anda tidak perlu tahu bahwa Anda membayangkan Bulan Sutena untuk memerankan Anda dalam fantasi  kehidupan Anda. Tetapi Anda dapat dan harus mempersiapkan terlebih dahulu sehingga Anda dapat menggunakan petunjuk pembuka yang umum ini untuk keuntungan Anda, menyiapkan strategi selanjutnya untuk wawancara yang sukses.


Kenapa pewawancara meminta Anda untuk "Ceritakan tentang diri Anda"

Seperti halnya pertanyaan wawancara, kunci untuk menyusun jawaban yang mengesankan adalah memahami mengapa pewawancara bertanya hal tersebut sejak awal.

“Ini membuat mereka mudah dalam wawancara yang sebenarnya,” kata pelatih pengembangan kepemimpinan Alina Campos, pendiri Rising . “Seringkali ketika percakapan dimulai, itu adalah obrolan ringan dan ini adalah cara untuk beralih ke topik utama,” terutama untuk perekrut yang kurang berpengalaman atau manajer perekrutan. “Orang yang diwawancarai gugup tetapi pewawancara mencoba untuk memahami sikap mereka.”

Pertanyaan ini juga merupakan titik awal yang bagus yang dapat membantu menginformasikan arah wawancara, kata pelatih karir Muse dan pendiri BetterWorks Labs Al Dea : “Tergantung pada apa yang Anda katakan, itu akan membantu mereka menemukan pertanyaan berikutnya,” yang mungkin bisa membantu mulai efek berantai dari pertanyaan tindak lanjut, berikan alur percakapan yang mudah, dan bantu perekrut dan manajer perekrutan mencapai salah satu tujuan utama mereka dalam proses perekrutan: adalah mengenal Anda.

Jika Anda menjawabnya dengan baik, pewawancara akan mulai mencari tahu mengapa Anda adalah kandidat terbaik untuk pekerjaan ini, dari segi hard skill dan pengalaman serta soft skill . Ini adalah kesempatan bagus untuk menunjukkan bahwa Anda dapat berkomunikasi dengan jelas dan efektif, terhubung dengan dan bereaksi terhadap manusia lain, dan menampilkan diri Anda secara profesional.


Rumus sederhana untuk menjawab "Ceritakan tentang diri Anda"

Pelatih karir Lily Zhang , mantan Manajer Pengembangan Profesional Mahasiswa Pascasarjana di MIT Media Lab dan penulis untuk The Muse, merekomendasikan formula sederhana dan efektif untuk menyusun respons Anda:

  1. Present: Bicarakan sedikit tentang apa peran Anda saat ini, ruang lingkupnya, dan mungkin pencapaian besar baru-baru ini.
  2. Masa Lalu: Beri tahu pewawancara bagaimana Anda sampai di sana dan atau sebutkan pengalaman sebelumnya yang relevan dengan pekerjaan dan perusahaan yang Anda lamar.
  3. Masa Depan: Pisahkan apa yang ingin Anda lakukan selanjutnya dan mengapa Anda tertarik dengan posisi ini.

Ini bukan satu- satunya cara untuk membangun respons Anda, tentu saja, dan Anda dapat mengubahnya sesuai keinginan Anda. Jika ada cerita yang sangat kuat tentang apa yang membawa Anda ke bidang ini, misalnya, Anda mungkin memutuskan untuk memulai dengan cerita "masa lalu" itu dan kemudian masuk ke apa yang Anda lakukan saat ini.

Apa pun pesanan yang Anda pilih, pastikan Anda pada akhirnya mengikatnya dengan pekerjaan dan perusahaan. “Tempat yang baik untuk mengakhirinya adalah dengan memberikan transisi inilah mengapa saya di sini,” kata Dea. Anda ingin benar-benar yakin bahwa pewawancara Anda memiliki kesan bahwa “masuk akal jika Anda duduk di sini berbicara kepada saya tentang peran ini.”


Menjawab Pertanyaan ceritakan tentang diri anda dengan cara yang mudah

Video Source : CareerVidz Youtube Chanel Video Link : https://www.youtube.com/embed/gqMLyqwQpWI


8 tips lagi untuk menjawab “Ceritakan tentang diri Anda”

Oke, jadi Anda punya wawancara yang akan datang dan Anda tahu itu mungkin akan dimulai dengan beberapa bentuk "Ceritakan tentang diri Anda." Inilah hal lain yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan jawaban Anda.

1. Ingat ini sering kali merupakan kesan pertama Anda, dan itu penting.

“Kami benar-benar hanya memiliki satu kesempatan untuk membuat kesan pertama,” kata pelatih karir dan perekrut Muse Steven Davis . “Pendapat saya adalah bahwa sebagian besar keputusan perekrutan dibuat pada menit pertama,” yang mencakup salam, jabat tangan, kontak mata, dan hal pertama yang Anda katakan, yang mungkin merupakan respons Anda terhadap “Ceritakan tentang diri Anda.”

Bahkan jika penguasa tidak membuat keputusan yang tidak dapat diubah segera setelah percakapan dimulai, kesan pertama dapat mewarnai sisa wawancara. Jika Anda harus menghabiskan sisa waktu untuk menebus pembukaan yang buruk, Anda berada dalam posisi yang sangat berbeda dibandingkan jika Anda langsung memberikan jawaban yang ringkas, percaya diri, dan relevan.

“Bersiaplah untuk pertanyaan ini dan tunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda siap untuk itu,” kata Campos. “Kepercayaan diri yang muncul di sini adalah tempat yang sangat bagus untuk memulai.”

2. Sesuaikan jawaban Anda dengan peran dan perusahaan.

“Ketika seorang pewawancara menanyakan hal itu, mereka benar-benar bermaksud menceritakan tentang diri Anda karena itu relevan dengan posisi yang Anda lamar dan perusahaan ini. Saya pikir mereka memberi Anda kesempatan untuk mengartikulasikan secara singkat mengapa Anda memiliki kualifikasi yang tepat,” kata pelatih karir Muse Tina Wascovich .

Manfaatkan kesempatan! Untuk melakukan itu, Anda akan ingin meluangkan waktu untuk menyisir deskripsi pekerjaan , meneliti perusahaan , dan mencari tahu bagaimana Anda dapat menceritakan kisah Anda dengan cara yang membuatnya sangat jelas mengapa Anda tertarik dan apa yang Anda bawa. ke meja yang selaras dengan peran dan perusahaan.

3. Kenali audiens Anda.

Seperti halnya pertanyaan wawancara atau percakapan apa pun, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda memahami dengan siapa Anda berbicara. Anda mungkin mendapatkan beberapa bentuk "Ceritakan tentang diri Anda" di setiap tahap proses wawancara untuk suatu pekerjaan, dari layar ponsel hingga babak final , tetapi itu tidak berarti Anda harus memberikan jawaban yang sama persis setiap saat.

Jika Anda berbicara dengan seorang perekrut yang tidak mendalami keterampilan keras tim yang akan Anda ikuti, Anda mungkin membuat jawaban Anda lebih terfokus pada gambaran yang lebih besar, sedangkan ketika Anda berbicara dengan calon bos Anda, Anda mungkin mendapatkan sedikit sedikit lebih teknis. Jika Anda berbicara dengan seorang eksekutif tingkat C sebagai bagian dari putaran terakhir Anda, mungkin pintar untuk menyentuh bagaimana Anda dapat membantu mencapai misi keseluruhan perusahaan yang mereka jalankan.

4. Tetap profesional.

Seperti yang Anda ketahui sekarang, pertanyaan ini membawa tambahan yang tidak terlihat: “ karena relevan dengan peran dan perusahaan ini .” Jadi, sebaiknya Anda menjaga jawaban Anda tetap profesional. Norma di beberapa negara mungkin untuk membagikan detail pribadi pada saat ini, kata Wascovich, tetapi di AS Anda harus menghindari berbicara tentang keluarga dan hobi Anda, misalnya, kecuali Anda tahu sesuatu yang sangat spesifik tentang perusahaan yang akan membuat Anda percaya. jika tidak.

5. Tetapi berbicaralah dengan penuh semangat.

Namun, menjaga jawaban Anda tetap profesional seharusnya tidak menghentikan Anda untuk menjelaskan mengapa Anda bersemangat tentang pekerjaan Anda atau tentang perusahaan ini, bahkan jika itu sedikit menyinggung wilayah pribadi.

Misalnya, Wascovich pernah bekerja dengan administrator pendidikan khusus yang sebenarnya pernah menjadi siswa pendidikan khusus di sekolah dasar. Guru-gurunya menginspirasi dia untuk mengejar karir yang dia lakukan. “Jadi dalam menceritakan kisah Anda tentang bagaimana Anda memulai, itu bisa menjadi pengait yang unik.”

Anda tidak perlu membahas terlalu banyak detail, tetapi jika tujuan Anda dalam wawancara adalah untuk menonjol di antara kumpulan pelamar dan mudah diingat, maka menanamkan jawaban ini dengan semangat dapat membantu Anda melakukannya. “Orang tidak ingin berbicara dengan robot—mereka ingin berbicara dengan manusia,” kata Dea. “Saya suka ketika seseorang memberi tahu saya, 'Saya tahu saya ingin bekerja di bidang pemasaran ketika saya masih kecil. Saya selalu sangat suka menulis. ' ”

6. Jangan mengoceh.

Apa pun yang Anda lakukan, jangan buang waktu untuk memuntahkan setiap detail karier Anda. “Kebanyakan orang menjawabnya seperti sedang memberikan disertasi di resume mereka,” kata Davis, tapi itu hanya akan membuat pewawancara menangis.

Ini bukan hanya tentang menghibur atau melibatkan pewawancara Anda, Campos menjelaskan. Anda juga memberikan petunjuk tentang bagaimana Anda akan berbicara dalam pertemuan dengan rekan kerja, bos, dan klien. Apakah Anda akan mengoceh selama 10 menit setiap kali seseorang mengajukan pertanyaan yang agak terbuka?

Tidak ada panjang optimal yang terbukti secara ilmiah untuk menjawab pertanyaan ini atau pertanyaan wawancara apa pun. Beberapa pelatih dan perekrut akan meminta Anda untuk mempertahankannya hingga 30 detik atau kurang, sementara yang lain akan mengatakan Anda harus membidik selama satu menit, atau berbicara tidak lebih dari dua menit. “Setiap orang memiliki pendekatan yang berbeda,” kata Dea, yang memiliki kandidat berbicara selama satu menit atau melanjutkan selama lima menit. Namun dalam pengalamannya, orang cenderung mulai kehilangan semangat setelah 1,5 hingga 2,5 menit berbicara tanpa gangguan.

Anda harus memutuskan apa yang terasa tepat untuk Anda dalam konteks tertentu, jadi pastikan untuk membaca ruangan saat Anda berbicara. Jika orang lain terlihat bosan atau terganggu, mungkin sudah waktunya untuk menyelesaikannya. Jika mereka senang dengan satu bagian dari jawaban Anda, mungkin ada baiknya memperluas topik itu sedikit lebih banyak.

Namun, secara umum, ingatlah bahwa Anda tidak harus menyampaikan seluruh kisah hidup Anda di sini, kata Dea. Anggap saja sebagai penggoda yang akan menarik minat pewawancara dan memberi mereka kesempatan untuk mengajukan pertanyaan lanjutan tentang apa pun yang paling menarik minat mereka.

7. Berlatih, berlatih, berlatih tetapi berhentilah menghafal.

Anda tidak ingin menunggu sampai Anda mendapatkan pertanyaan ini dalam wawancara langsung untuk mencoba jawaban Anda untuk pertama kalinya. Pikirkan apa yang ingin Anda sampaikan tentang diri Anda sebelum setiap wawancara dan berlatihlah untuk mengatakannya dengan lantang.

Davis merekomendasikan untuk meninggalkan pesan suara atau merekam jawaban Anda dan kemudian menunggu satu jam atau lebih sebelum Anda mendengarkannya untuk memberi jarak dan perspektif pada diri Anda sendiri. Ketika Anda akhirnya memutarnya kembali, lihat apakah jawabannya terdengar solid dan kredibel bagi Anda.

Jika Anda bisa, lebih dari sekadar berlatih solo. “Itu selalu membantu untuk berlatih dengan orang lain untuk mendengar diri Anda mengatakannya dan mendengar umpan balik dari bagaimana orang lain menafsirkan apa yang Anda katakan,” kata Dea. Meminta kolega, teman, atau anggota keluarga tepercaya untuk mendengarkan dan bereaksi terhadap jawaban Anda akan membantu Anda mengasahnya.

Latihan pasti akan membuat jawaban Anda lebih kuat dan membantu Anda menjadi lebih percaya diri memberikannya. Namun, Dea memperingatkan agar tidak menghafal dan melafalkan omongan Anda kata demi kata. “Ada keseimbangan yang baik antara berlatih dan menghafal. Itu harus terlihat sangat otentik, ”katanya.

8. Tetap positif.

Jika Anda dipecat atau diberhentikan dari pekerjaan terakhir Anda, ini mungkin bukan saat terbaik untuk menyebutkannya. “Ada waktu dan tempat untuk semuanya—Anda tidak perlu menjejalkan semuanya ke dalam jawaban ini,” kata Campos. “Jika Anda melihat ini sebagai kesan pertama Anda secara profesional, beri mereka jendela ke dalamnya tetapi jangan beri mereka segalanya. Percakapan belum siap untuk itu.”

Saat Anda melangkah lebih jauh ke dalam wawancara, segalanya menjadi lebih nyaman. Jadi tunggu sampai Anda mendapatkan pertanyaan spesifik tentang mengapa Anda ingin berganti pekerjaan atau mengapa Anda memiliki celah di resume Anda untuk membahas topik tersebut.

Dan nasihat itu mungkin sudah jutaan kali Anda dengar tentang tidak menjelek-jelekkan majikan Anda sebelumnya? Itu juga berlaku di sini. Terutama di sini. Jika hal pertama yang Anda katakan kepada pewawancara adalah betapa buruknya bos Anda dan bagaimana Anda mencoba melarikan diri dari kesengsaraan cengkeraman micromanaging mereka, itu adalah kegagalan besar.


5 Contoh jawaban “Ceritakan tentang diri Anda”

Itu semua bagus secara teori, tetapi seperti apa jawaban yang solid sebenarnya? Lihat contoh-contoh ini yang kami kumpulkan dengan bantuan dari Zhang, Dea, dan Campos.

Contoh jawaban #1 untuk “Ceritakan tentang diri Anda” untuk seseorang yang mencari peran serupa di perusahaan baru

Tentu! Jadi saya selalu menikmati menulis dan berbicara di depan umum, bahkan sejak SMA. Hal ini mendorong saya untuk mengejar minat yang berhubungan dengan menulis—misalnya di perguruan tinggi, di mana saya menjadi editor untuk surat kabar sekolah kami. Selain menulis, saya belajar bagaimana mengelola tim dan bagaimana mendekati proses penulisan. Setelah kuliah, saya bekerja di Acme sebagai manajer media sosial, menulis salinan dan konten sosial untuk blog perusahaan, tetapi saya mengangkat tangan untuk mengerjakan rencana komunikasi untuk peluncuran produk, di situlah saya menemukan minat saya pada produk pemasaran. Setelah beralih ke peran pemasaran produk dan mengelola dua peluncuran produk baru yang paling sukses tahun lalu, saya menyadari bahwa saya bersemangat untuk mengambil peluang baru. Saya telah belajar bahwa saya bekerja paling baik pada produk yang saya sukai dan gunakan, dan mengingat bahwa saya'


Contoh jawaban #2 untuk “Ceritakan tentang diri Anda” untuk seseorang yang beralih dari agensi ke peran internal

Saat ini saya adalah seorang eksekutif akun di Smith, tempat saya menangani klien kami yang berkinerja terbaik. Sebelum itu, saya bekerja di sebuah agensi di mana saya berada di tiga merek perawatan kesehatan nasional utama yang berbeda. Dan sementara saya benar-benar menikmati pekerjaan yang saya lakukan, saya ingin kesempatan untuk menggali lebih dalam dengan satu perusahaan perawatan kesehatan tertentu, itulah sebabnya saya sangat senang dengan kesempatan ini dengan Metro Health Center.


Contoh jawaban #3 untuk “Ceritakan tentang diri Anda” untuk seseorang yang beralih ke peran serupa di industri baru

Saya telah berkecimpung di industri pemasaran selama lebih dari lima tahun, terutama bekerja dalam peran akun dan manajemen proyek. Saya baru-baru ini bekerja sebagai PM senior untuk sebuah perusahaan teknologi besar yang mengelola kampanye pemasaran besar dan mengawasi manajer proyek lainnya. Dan sekarang saya ingin memperluas pengalaman saya di berbagai industri, terutama fintech, itulah sebabnya saya sangat tertarik untuk bergabung dengan agensi seperti milik Anda.


Contoh jawaban #4 untuk “Ceritakan tentang diri Anda” untuk lulusan baru

Sangat! Saya lulus dari Howard pada bulan Mei dengan jurusan ilmu komputer dan jurusan seni teater dan telah menghabiskan musim panas ini dengan magang di sebuah teater nirlaba. Saya memiliki kesempatan untuk menggunakan keterampilan pengkodean saya dengan baik dengan membantu mengubah halaman penjualan tiket organisasi. Sejak diluncurkan dua minggu lalu, waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk melewati proses pembelian telah menurun sebesar 43% dan skor pada survei kepuasan popup telah meningkat hampir 20%. Sangat menyenangkan untuk berada di lingkungan ini karena saya telah jatuh cinta dengan teater sejak saya melakukan drama sekolah pertama saya di kelas 7—itu 13: The Musicaldan saya mendapatkan peran Patrice—dan bahkan memimpin The Howard Players tahun senior saya. Pengalaman magang ini hanya memperkuat keinginan saya untuk menggabungkan keterampilan CS saya dengan hasrat saya untuk teater, itulah sebabnya saya tahu saya harus melamar segera setelah saya melihat peran pengembang web junior di sini.


Contoh jawaban #5 untuk “Ceritakan tentang diri Anda” untuk pengubah karir

Saya telah menghabiskan dekade pertama karir saya bekerja di manajemen akun untuk startup SaaS yang menjual perangkat lunak B2B, termasuk perusahaan saya saat ini, yang mengembangkan alat kolaborasi jarak jauh. Dan selama beberapa tahun terakhir saya telah mengelola tiga sampai lima laporan langsung. Saya merasa manajemen orang sangat memuaskan, dan secara khusus tertarik pada pelatihan dan pengembangan profesional. Salah satu pencapaian yang paling saya banggakan dalam pekerjaan saya sekarang adalah menciptakan serangkaian lokakarya peningkatan keterampilan tidak hanya untuk tim saya sendiri tetapi untuk seluruh organisasi pendapatan. Manajer akun dan perwakilan penjualan yang berpartisipasi menunjukkan peningkatan rata-rata 22% dalam penjualan atau pendapatan pembaruan per kuartal. Melihat ke belakang, sangat masuk akal bahwa saya tertarik ke arah ini, mengingat saya mengajar dan memimpin lokakarya untuk departemen komunikasi di perguruan tinggi. Saat memikirkan langkah selanjutnya, saya menyadari bahwa saya ingin beralih ke peran SDM sehingga saya dapat memfokuskan seluruh energi saya untuk membuat dan menerapkan program pelatihan. Saya tidak bisa memikirkan tempat yang lebih baik untuk memulai daripada di perusahaan yang membuat perangkat lunak yang saya andalkan dalam beberapa pekerjaan sebelumnya.


Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke rekan-rekan kamu ya smiley

Bagikan

MS GLOW MEN PAKET LENGKAP ORIGINAL 4 IN 1 FREE POUCH PERAWATAN WAJAH
Rp. 200 ribuan - Official Store
MS GLOW Women Paket Whitening series original
Rp. 275.000 - Official Store
PERLENGKAPAN PRIA ( TAS, DOMPET ) Official Store
FASHION PRIA dan WANITA Official Store
Ga nyampe 10 Ribuan!!!

Baca juga :